Mengenal Ulama Dunia “ Ibnu Khaldun”


Mengenal Ulama Dunia “ Ibnu Khaldun”
Seorang penghafal Al-Qur’an, pejabat Negara, deplomat ulung, Profesor Pendidikan
Dijuluki dengan seorang bapak ilmu pengetahuan dengan lambang jubah besar, dan sorban dikepala. Nama asli dari Ibnu Khaldun ialah Abu Zayd ‘Abd ar-Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun Al-Hadrami berumur 76 tahun/ 74 tahun. Yang terlahir di Afrika Utara,Tunisisa, 1 Ramadhan 732 H/ 27 Mei 1332 M (pada masa kemunduran umat Islam, dikarenakan 74 tahun sebelum ia terlahir pusat islam yaitu Bagdad dihancurkan oleh Mongol. Dengan cara memenjara dan membakar kitab-kitab ilmu pengetahuan dan dibuang di sungai tigris). Ibnu Khaldun Wafat di Mesir 25 Rhamadhan 808 H/ 17 Maret 1406 M.
Ibnu Khaldun tinggal di Tunisia selama 20 tahun tanpa melakukan hijrah ketempat lain dengan mengkhatamkan Al-Qur’andan mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an. Pada umur 20 tahun ia diangkat menjadi sekertaris sultan Tunisia oleh sultan Tunisia. Selanjutnya Ibnu Khaldun melakukan hijrah ke Maroko dan diangkat juga menjadi sekertaris sultan Maroka sampai usia 26 tahun. Diumur 26 tahun Ibnu Khaldun difitnah melakukan sabutase sultan Maroko sehingga dimasukkanlah ke penjara. Namun karna tidak mendapatkan bukti yang kuat akhirnya beliau keluar dari penjara dan menjabat kembali menjadi sekertaris pribadi Sultan Maroko
Ibnu Khaldun hijrah ke Andalusia Spanyol pada usia 32 tahun dikarenakan ketidak kondusifan politik Maroko dan tidak lagi memberikan keuntungan. Pada saat yang sama sultan Andalusia meminta Ibnu Khaldun menjadi Duta besar.
Diusia 44 tahun ibnu Khaldun meninggalkan Andalusia dan hijrah ke Bugi (Berjaya). Kemudian beliau memulai menulis kitab Muqoddimah karya terbesar Ibnu Khaldun selama 8 tahun.
Ibnu khaldun melakukan hijrah kembali ke Mesir pada usia 52 tahun dan diangkat menjadi menjadi hakim agung 6 priode dan mengajar di Universitas Al-Azhar Kairo sebagai profesor hingga akhir hayatnya.
Diantara karya tulis Ibnu Khaldun:
1.    Kitab Lubab Al-Muhassal fi ushul ad-dhin Karya pertama diusia muda umur 19 tahun. Sebuah kitab tentang permasalahan dan pendapat-pendapat teologi, ringkasan dari kitab Muhassal Afkaar Al-Mutaqoddimin wa Al-Mutaakhirin karya Imam Fakhruddin ar-Razi, dibawah bimbinan gurunya Al Abili.
2.    Kitab Muqoddimah ( pendahuluan atas kitab Al-‘ibar yang bercorak sosiologis, historis dan filosofis) yang diterjemahkan dengan nama buku “the book of lissons and the record of cause and effect in the histiry arabs, Persians and Barbers and Their powerful contemporaries” tahun 1377. Yang selanjutnya di revisi menjadi kitab I’tibar dengan 7 jilid yang diterjemahkan dan diterbitkan oleh De Slane tahun 1863 yang dipelajari oleh para sosiolog German dan Austria yang memberikan pemecahan bagi para filosofis modern.
3.    At-Ta’rif bi ibn Khaldun wa Rihlatih Gharban wa sharqan (kitab autobiografi, catatan dari kitab sejarah)
4.    Shifa’u l-sa’il, kitab tentang sufisme yang ditulis tahun 1373 di Fes Maroko
5.    ‘Alaqo li-s-Sultan, kitab tentang logika yang ditulis pada masa Muhammad V menjadi Sultan Granada.
Menurut Dr. Bryan S. Turner seorang guru besar sosiologi Unversity of Aberdeen, Scocland mengomentari karya Ibnu Khaldun dalam artikelnya “The Islamic Revie and Arabic Affairs” tahun 1970 yaitu tulisan-tulisan dan sejarah dari Ibn Khaldun hanya satu-satunya tradisi intelektual yang diterima dan diakui oleh dunia Barat terutama oleh ahli-ahli sosiologi bahasa Inggris.
Adapun beberapa bidang Ilmu Ibnu Khaldun diantaranya:
1.    Al-Qur’an
2.    Hadits
3.    Usul fiqh
4.    Tauhid
5.    Fiqih mazhab Maliki
6.    Ilmu Nahwu
7.    Ilmu sharaf
8.    Ilmu Balaghah
9.    Sosiologi
10. Ekonomi
11. Fisika
12. Matematiak/Logika[1]


[1] Diambil dari ceramah K.H Hendri Tanjung Ph. D. (Wakil Rektor UIKA Bogor)

Comments

Popular posts from this blog

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SUMATERA THAWALIB PARABEK BUKITTINGGI, RISKI BAYU PRATAMA

PERADABAN PADA MASA KERAJAAN ISLAM DEMAK (TAHUN 1518 – 1549 M), Ilham Bahari

PROSES PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA BARAT, JAKFAR